Postingan

Ghashab

Gambar
Ading sudah 17 tahun nyantri dan belum tahu kapan akan lulus. Dia bukan anak yang malas. Sebaliknya ia anak yang rajin. Rajin membaca, rajin ibadah, dan rajin bikin ulah. Suatu hari Ading dipanggil Ustadz Jack (nama sebenarnya Zarkasih). Beliau guru sekaligus kepala keamanan yang terkenal galak. 

Niat Puasa (1)

NIAT DI MALAM PERTAMA RAMADHAN Ada nyang ngegerutu, kenape sih niat puasa kudu tiap malem? Sekiranye lupa niat, pegimane?  Wawi : Niat berpuasa Ramadhan harus dikerjain tiap malam menurut Mazhab Syafi'i. Kalo lupa niat ya tetep kudu imsak (nahan diri dari yg ngebatalin puasa) buat ngehormatin waktu. Wajib hukumnye. Nantinye kudu dibayar (diqadha) di luar Ramadhan. Dalam Nihayatuzzain, Syarh Qurrati A'yun, ditulis:  و لو نسي النية ليلا و طلع الفجر و هو ناس لم يحسب له ذلك اليوم، لكن يجب عليه الإمساك رعاية لحرمة الوقت  "Kalo lupa niat waktu malam hingga masuk Subuh masih lupa juga. Hari itu ia tidak dianggap berpuasa. Tapi ia wajib menahan diri dari semua yang membatalkan puasa sebagai penghormatan waktu." Yepi : Berat juga ye. Ada solusi, nggak? Sekiranye lupa niat puasa tapi nggak perlu mengqadha. W: Solusinye ada. Pasang niat puasa dua kali di malam pertama Ramadhan. Kayak ini malam, nih Y: Niat dua kali? Gimane caranye? W: Pertama, niat puasa besok kayak niat puasa s

Niat Puasa (2)

NIAT PUASA RAMADHAN KUDU KETANEM DI HATI Gara2 ngomongin niat puasa Ramadhan di malam Jumat,  obrolan jadi berlanjut ke Jumat siang. Mantap dah ah! Lantaran ada yg nanya, "emangnye niat kudu diucapin kayak yang biasanye, nawaitu showma ghadin fardhu syahri romadhani hazdihis sanati lillahi ta'ala , gitu?" Wawi : Maksud ente ape nih? Yepi :  Begini. Soalnye di medsos ada pesan yg viral. Niat nggak perlu dibaca. Nggak perlu diucapin. Yg penting di hati ada kepengenan puasa, ya udah. Udah niat namanye."  W : Iye, iye. Medsoss emang luar biasa. Die bisa ngalahin posisi pandangan ulama-ulama besar yg kitabnye masyhur sampe ratusan tahun. Kitab-kitab yang dikaji dan diikutin banyak ulama dari zaman ke zaman.  Y : Mangkanye saye nanya ama abang. W:   Begini. Pelan-pelan nih ye biar nyangkut.       Pertama, niat itu tempatnye di hati. Pengucapan niat dengan lisan belum bisa disebut niat. Pengucapan dengan lisan itu hukumnye sunnah. Manfaatnye buat ngebantu menghadirkan niat

Zakat Fitrah Dengan Uang, boleh?

Gambar
        Buat menghilangkan 'bete', Yepi menjapri kawannya, Wawi. Obrolan mereka ngalor ngidul sampai akhirnya ke masalah serius: Yepi : Bro! Ane mo nanya nih. Sebenernya boleh nggak sih bayar zakat fitrah pake duit?  Wawi : Boleh tapi ada syaratnye.  Y : Apaan tuh syaratnya?  W : Taqlid ke Imam Hanafi utuh dalam masalah ini.  Y : Oh, begitu. Alasannye ape tuh, Bro. W : Sebab cuma beliau yg ngebolehin bayar zakat fitrah pake duit. Begitu tafsir beliau atas QS. Ali Imran: 92. Tiga imam mazhab yg lain nggak ngrbolehin. Nah, mereka mengacu ke hadits yg menyatakan Nabi dan para sahabat zakat fitrah dg makanan pokok setempat.  Y : Jadi harus ngikutin Imam Hanafi?  W : Ya. Ikutin secara utuh. Enggak boleh separuh separuh. Enggak boleh talfiq. Nyari gampangnye aje.  Y : Maksudnye ape?  W : Begini. Ukuran zakat fitrah itu satu sha' per jiwa. Semua imam mazhab sepakat pada ukuran ini, satu sha'. Perbedaan ada pada besaran satu sha' itu. Satu sha menurut Mazhab Hanafi

WIRDUL LATIF (ALHABIB ABDULLAH IBNU ALAWI ALHADDAD)

بسم الله الرحمن الرحيم الورد اللطيف من أذكار الصباح والمساء جمعه الإمام العلامة الحبيب عبدالله بن علوي الحداد باعلوي الفَاتِحَةَ إِلىَ رُوْحِ سَيِّدِنَا وَ سَنَدِنَا رَسُوْلِ اللَّهِ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ و َ آلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَ أَزْوَاجِهِ وَ ذُرِّيَّاتِهِ وَ أَهلِ بَيْتِهِ ثُمَّ إِلَى رُوْحِ سَيِّدِنَا الْمُهَاجِرِ إِلَى اللَّهِ أَحْمَدَ بْنِ عِيْسَى وَ سَيِّدِنَا الْفَقِيْهِ الْمُقَدَّمِ الحَبِيْبِ مُحَمَّدِ بْنِ عَلِيِّ بَاعَلَوِيْ وَ سَيِّدِنَا الْحَبِيْبِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ مُحَمَّدِ السَّقَّافْ ثُمَّ إِلَى رُوْحِ سَيِّدِنَا صَاحِبُ الرَّاتِبِ قُطْبِ الْإِرْشَادِ وَ غَوْثِ الْعِبَادِ وَ الْبِلَادِ الْحَبِيْبِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَلَوِيْ الحَدَّادْ وَ أُصُوْلِهِ وَ فُرُوْعِهِ وَ مَشَايِخِهِ وَ ذَوِى الْحُقُوْقِ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ. ثُمَّ إِلَى رُوْحِ سَيِّدِى الْوَالِدِ الحَبِيبِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ القَادِرِ السَّقَّافْ وّ الحَبِيبِ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ القَادِرِ السَّقَّافْ وَ الْحَلجَّةِ بَرْكَه

IKHLAS, KUNCI SUKSES DALAM IBADAH (BAGIAN 1)

Gambar

AL-KALAM

Pemahaman ilmu bahasa Arab merupakan salah satu ilmu alat yang penting diketahui oleh setiap muslim. Diantaranya karena kitab suci Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab. Begitu juga hadits-hadits Rasulullah SAW. Dan Sayyidina Umar r.a. pernah berkata: تعلموا العربية، فإنها تثبت العقل و تزيد فى المروءة "Pelajari bahasa Arab karena (pengetahuan bahasa Arab) akan memperkuat akal pikiran dan menambah kewibawaan." Dalam kurikulum pelajaran bahasa Arab yg berlaku secara konvensional di tengah masyarakat. Penelaahan buku Mukhtashar Jiddan termasuk dalam tingkatan dasar pelajaran kaidah bahasa Arab. Sebelumnya para siswa diajarkan buku Al-Ajrumiyyah dengan metode hafalan. Penjelasan dari materi hafalan itu baru didapat ketika mempelajari buku Mukhtashar Jiddan. Berikutnya siswa akan mendapatkan penjelasan lanjutan dengan menggunakan buku-buku pada tingkatan yg lebih tinggi, seperti Syarh Al Kafrawi, Al-Kawakib Ad-Durriyyah, Syarh Ibn Aqil, dst. Pada forum ini akan dihadirkan

ADA APA DENGAN INSHAA ALLAH?

Sebenarnya malas nulis ini. Tapi karena melihat banyak yang keder (linglung) walhasil daripada ikutan keder mending nulis. Selain itu juga ada yang nanya, "kenapa إن شاء الله sekarang ditulis dengan: inshaAllah atau inshaa Allah. Nah, saya jawab (secara santai aja) begini: 1. " sh" dalam ejaan bahasa Indonesia biasanya dipakai untuk menulis huruf 'ص". Seperti kata shalat (الصلاة), mushalla (المصلى), dll. Sedangkan untuk huruf "ش" biasanya ditulis dengan "sy", seperti musyawarah (المشاورة), shalat isya (العشاء), dll. Walhasil kalau إن شاء الله ditulis dg inshaa Allah. Maka kata shalat berarti hasil penulisan untuk kata (الشلاة), mushalla (المشلى), shiyam (الشيام). Keliru dong ya. 2. Maka saya kira penulisan yang tepat untuk kalimat إن شاء الله adalah insyaallah. Huruf " a" di tengah kalimat tidak ditulis dengan huruf besar karena "a" di situ merupakan pembacaan huruf hamzah pada kata شاء. Kata Allah tidak dibaca terpisa

RISALAH PUASA 4

SYARAT PUASA RAMADHAN ------------- Syarat puasa Ramadhan ada dua macam,  yaitu syarat wajib dan syarat sah. Syarat wajib adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang mendapat kewajiban berpuasa. Pihak yang terkena kewajiban berpuasa maka jika ia tidak menjalankannya, ia terkena kewajiban meng-qadha (berpuasa di bulan lain sebagai ganti puasa Ramadhan yang ditinggalkan). Syarat sah adalah suatu kondisi dari seseorang yang jika terpenuhi menyebabkan ibadah puasanya sah (diterima secara syara'). Dalam penyebutan syarat puasa ada perbedaan diantara ahli fiqh. Ada menyebutnya tiga dan ada yang menyebutnya empat. Perbedaannya hanya antara memisahkan syarat yang ketiga dan keempat dengan menyatukan penyebutan kedua syarat itu. Untuk mempermudah penjelasan maka risalah ini condong pada pendapat yang kedua. Yaitu syarat puasa ada empat,  sebagai berikut: 1. Islam Islam merupakan syarat wajib dan syarat sah puasa. Walhasil,  siapapun yang sempat menjadi muslim terkena kewajiban b

RISALAH PUASA (3)

CATATAN TENTANG PENENTUAN RAMADHAN Seringkali masyarakat mempertanyakan tentang penentuan Ramadhan yang berbeda-beda. Apakah perbedaan ini merupakan fenomena yang baru belakangan terjadi? Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Kuraib kiranya dapat menjawabnya. عن كُرَيْبٍ قَالَ: اسْتَهَلَّ عَلَيَّ رمَضَانَ وَ أَنَا بِالشَّامِ، فَرَأَيْتُ الْهِلاَالَ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ ثُمَّ قَدَمْتُ الْمدِينَةَ فى آخر الشهر فسألني ابن عباس رضي اللّٰه  عنه: متى رأيتم الهلال? فقلت رأيناه ليلة الجمعة فقال أنت رأيته? قلت نعم ورآه الناس وصاموا وصام معاوية فقال كلنا رأيناه ليلة السبت فلا نزال نصوم حتى نكمل ثلاثين أو نراه فقلت أو لا تكتفي برأية معاوية و صيامه? قال لا هكذا أمرنا رسول اللّٰه  صلعم. "Kuraib pernah berkata: Saya memulai puasa Ramadhan saat saya berada di Syam. Waktu itu saya melihat hilal pada malam Jumat. Lalu saya pergi menuju Madinah dan tiba di sana di akhir Ramadhan. Di Madinah Abdullah Ibn Abbas ra. bertanya pada saya,  kapan kamu melihat hilal? Saya menjawab,  kami me

RISALAH PUASA (2)

PENENTUAN BULAN RAMADHAN Awal dan akhir Ramadhan ditetapkan dengan dua cara,  yaitu: 1. Ru'yatul hilal Kegiatan ru'yatul hilal dilakukan pada awal malam ke 29 dari bulan Sya'ban. Hasil dari ru'yatul hilal ini harus dipersaksikan di depan hakim. Dan yang layak diterima kesaksiannya adalah kesaksian orang yang adil atau orang yang dikenal jujur. Kesaksian orang yang mengaku melihat hilal itu dapat disampaikan hanya dengan kata-kata: أَشْهَدُ أَنِّى رَأَيْتُ الْهِلاَلَ "Saya bersaksi sesungguhnya saya telah melihat hilal." Atau dengan perkataan وَ أَنَّ غَدًا مِنْ رَمَضَانَ "Sesungguhnya besok sudah waktunya berpuasa Ramadhan." Maka sekiranya penyaksi hilal dapat menyebutkan lebih rinci tentang posisi hilal yang dilihatnya,  tentu lebih menguatkan. 2. Menyempurnakan bilangan bulan Sya'ban dari 29 (dua puluh sembilan)  hari menjadi 30 (tiga puluh)  hari. Hal ini bisa terjadi karena hilal belum cukup tinggi posisinya untuk dilihat. Dapat j

RISALAH PUASA

MUQADDIMAH ------------- Kata "puasa" atau poso/ pasa merupakan terjemahan dari kata Ash-shiyam atau Ash-Shaum (الصيام / الصوم). Keduanya adalah bentuk masdar (gerund) dari kata kerja "shama - yashumu" (صام - يصوم). "Shama" ; fi'il madhi (kata kerja untuk masa lalu), dan "yashumu"; fi'il mudhari' (kata kerja untuk masa sekarang dan akan datang). Secara bahasa, kata الصيام / الصوم (ash-shiyam atau ash-shaum) bermakna menahan diri dari melakukan sesuatu, baik bicara atau makan-minum. Seperti puasa bicara yang pernah dilakukan oleh Siti Maryam AS. Allah SWT berfirman:  اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا   "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini." (QS. Maryam: 26) Sedangkan makna puasa (ash-shaum) menurut agama (syara') adalah  menahan diri dari segala yang dilarang (membatalkan) dengan n