Zakat Fitrah Dengan Uang, boleh?

   

    Buat menghilangkan 'bete', Yepi menjapri kawannya, Wawi. Obrolan mereka ngalor ngidul sampai akhirnya ke masalah serius:

Yepi : Bro! Ane mo nanya nih. Sebenernya boleh nggak sih bayar zakat fitrah pake duit? 

Wawi : Boleh tapi ada syaratnye. 

Y : Apaan tuh syaratnya? 

W : Taqlid ke Imam Hanafi utuh dalam masalah ini. 

Y: Oh, begitu. Alasannye ape tuh, Bro.
W: Sebab cuma beliau yg ngebolehin bayar zakat fitrah pake duit. Begitu tafsir beliau atas QS. Ali Imran: 92. Tiga imam mazhab yg lain nggak ngrbolehin. Nah, mereka mengacu ke hadits yg menyatakan Nabi dan para sahabat zakat fitrah dg makanan pokok setempat. 

Y : Jadi harus ngikutin Imam Hanafi? 

W : Ya. Ikutin secara utuh. Enggak boleh separuh separuh. Enggak boleh talfiq. Nyari gampangnye aje. 

Y : Maksudnye ape? 

W : Begini. Ukuran zakat fitrah itu satu sha' per jiwa. Semua imam mazhab sepakat pada ukuran ini, satu sha'. Perbedaan ada pada besaran satu sha' itu.
Satu sha menurut Mazhab Hanafi setara dengan delapan ritl Iraq ataujß setara dengan berat 130 dirham.  Kalo dikonversi ke ukuran kita maka satu sha setara dengan 3,8 kg atau setara dengan 5,05 liter. Biasanye dibulatin jadi 5,5 liter.
Sedangkan satu sha' menurut Mazhab Syafi'i setara dengan 685 5/7 dirham atau lima 1/3 ritl Baghdad atau setara dengan 2,75 kg atau setara dengan 3,5 liter.
Jadi bedanye jauh kan antara satu sha' menurut Mazhab Hanafi dengan Mazhab Syafi'i. Walhasil kalo mau ngeluarin zakat fitrah dengan duit maka harus ikutin mazhab Hanafi, 5,5 liter beras dikali harga beras. Harga beras yang umum dipake oleh panitia zakat sekarang adalah Rp.10.000,- per liter. Jadi kewajiban zakat fitrah per jiwa menurut mazhab Hanafi adalah Rp.55.000,-.

Y : Lebih mahal Bro dari mazhab Syafi'i. Selama ini orang ngeluarin zakat fitrah Rp.35.000,-. Kurang dong ya?

W: Sebenarnye enggak kurang kalo emang acuannye dengan harga beras Rp.6.300,-.

Y: Kalo buat di Jakarta sih kayaknye udah enggak ada beras yang harganye segitu.

W: Nah itu die. Kan afdhalnye kita ngeluarin zakat fitrah dengan kualitas beras yang biasa kite makan sehari-hari.

Y: Kalo sekiranye ada orang nyerahin zakat fitrahnye ke panitia zakat berupa duit Rp.35.000,-. Terus ama panitia dibeliin beras 3,5 liter supaya sesuai dengan mazhab Syafi'i. Gimane tuh bisa enggak?

W: Enggak bisa begitu dong. Di situ terjadi dua akad. Enggak boleh. Yang boleh cukup dengan satu akad. Pembayar zakat mengeluarkan zakat fitrahnye dengan beras atau uang. Lalu zakat fitrahnye dititipin ke panitia zakat buat disalurin ke orang yang berhak menerimanye. Panitia itu kan cuma bantu menyampaikan zakat fitrah ke mustahiq-mustahiq di suatu wilayah supaye rata kebagian semuanye.

Y : Bro, kalo mustahiq cuma dikasih beras kasihan dong mereka. Mereka kan juga butuh duit bukan cuma beras waktu lebaran.

W: Ya, ikutin solusi yang tadi aje. Keluarin zakat fitrah dengan ngikutin mazhab Hanafi. 

Y: Iya ya. 

W: Sebenernye sih kalo orang miskin dikasih beras udah girang-girang aje. Karena yang disebut miskin itu kan orang yang pas-pasan dalam memenuhi kebutuhan pokok. Di bawah mereka disebut fakir. Walhasil mereka pasti girang kalo punya stok beras lebih.
Itu satu hal. Hal lainnye, orang yang berpunya atau orang kaya kan juga ada kewajiban ngeluarin zakat harta. Atau  kalo belom cukup nishab atau haulnye, mereka kan juga pengen bersedekah dengan uang. Nah orang miskin bisa dapet duit dari sedekah uang atau zakat harta itu. Makanan pokoknye terpenuhi dari zakat fitrah.

Y: Bener juga tuh.

W: Salah satu hikmah puasa kan agar kita mengempati rasa laparnye fakir miskin. Maka perwujudan dari empati tadi setiap diwajibin ngeluarin zakat fitrah berupa makanan pokok. Supaya enggak ada lagi orang yang kelaparan terutama di hari raya. Lalu supaya fakir miskin itu lebih girang lagi, maka kita dianjurin bersedekah.
Walhasil, jangan salahin konsep zakat fitrah sebagai zakat berbentuk makanan pokok. Salahin kelakuan kita yang pelit. 

Y: Hehehe, bisa aje ente, Bro. Tapi bener juga tuh. Kalo emang kita enggak mau fakir miskin cuma punya beras di hari raya maka sepantesnye kita bersedekah harta buat mereka. Bukan protes doang.

W : Super ente! Zakat itu secara umum emang harus diikutin dengan langkah sosial selanjutnye. Yaitu dengan sedekah sunnah. Sama kayak shalat, puasa atau ibadah wajib yang lain. Kan harus diikutin dengan ibadah sejenis yang sunnah hukumnye. 
Di sisi lain, setiap jenis zakat punya kekhasannye sendiri. Zakat fitrah khas sebagai zakat kebutuhan pokok, zakat pertanian berupa hasil pertanian, zakat peternakan berupa hewan ternak, dan seterusnya. Jadi lengkap. Karena kebutuhan manusia harusnye bukan cuma duit. 

Y: Ente yang super, Bro. Terima kasih nih. Maaf, rukshah. Ane mau nyari pete nih. Istri ane mau masak sambal godok. Kalo enggak ada petenye kan kurang enak. Iya, enggak?

W: Bener itu. Lebih bener lagi kalo udah mateng undang ane buat nyicip. 

Y : Tenang. Hp ente biarin stand by. Siap-siap nerima kabar dari ane.

W: Hehehe, kayak calon menteri aje kudu siap-siap nerima telepon. Ok, see u. Ilal liqa'. Assalamualaikum
Y: See u. Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuh. (AJF)_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN PERJALANAN ZIARAHI PARA KEKASIH (Bagian 1)

RATIB AL HADDAD LI QUTHBI AL IRSYAD WA AL BILAD ALHABIB ABDILLAH IBN ALAWI ALHADDAD

DOA TAHLIL