Niat Puasa (2)

NIAT PUASA RAMADHAN KUDU KETANEM DI HATI


Gara2 ngomongin niat puasa Ramadhan di malam Jumat,  obrolan jadi berlanjut ke Jumat siang. Mantap dah ah! Lantaran ada yg nanya, "emangnye niat kudu diucapin kayak yang biasanye, nawaitu showma ghadin fardhu syahri romadhani hazdihis sanati lillahi ta'ala, gitu?"
Wawi: Maksud ente ape nih?

Yepi:  Begini. Soalnye di medsos ada pesan yg viral. Niat nggak perlu dibaca. Nggak perlu diucapin. Yg penting di hati ada kepengenan puasa, ya udah. Udah niat namanye." 

W: Iye, iye. Medsoss emang luar biasa. Die bisa ngalahin posisi pandangan ulama-ulama besar yg kitabnye masyhur sampe ratusan tahun. Kitab-kitab yang dikaji dan diikutin banyak ulama dari zaman ke zaman. 

Y: Mangkanye saye nanya ama abang.

W:  Begini. Pelan-pelan nih ye biar nyangkut.
      Pertama, niat itu tempatnye di hati. Pengucapan niat dengan lisan belum bisa disebut niat. Pengucapan dengan lisan itu hukumnye sunnah. Manfaatnye buat ngebantu menghadirkan niat di hati. Begitu yang disebut dalam Fiqh Manhaji disebut:
 محلها (النية) القلب ولا تكفى باللسان و لا يشترط التلفظ بها 
"Tempat niat itu di hati. Tidak mencukupi pengucapan niat dengan lisan. Dan tidak disyaratkan untuk mengucapkannya". 

    Di kitab Nihayatuzzain juga ada penjelasannye:
 و محلها القلب و يستحب التلفظ بها 
"Tempatnya niat memang di hati, dan sunnah mengucapkannya."

       Jadi urusan niat di hati ape di lisan udah jelas, ye? 
     Intinye, niat itu pekerjaan hati bukan lisan. Lisan cuma buat ngebantu hati. Jadi kalo kita baca niat bareng-bareng di masjid atau mushalla sehabis tarawih maka kudu diresapin. Nggak cuma doak-doakan (bersuara kencang) doang. 

Y: Kena dah saye (Nyengir ditimpalin dengan ngangguk).

W: Kedua, Lantas niat puasa Ramadhan yg bener gimane? Jawabnye; selain harus ketanem di hati, niat juga kudu memenuhin syarat. Syarat niat adalah:
وَ شُرِطَ لِفَرْضِهِ تَبْيِيْتٌ وَ تَعْيِيْنٌ
"Disyaratkan untuk niat puasa wajib adanya unsur tabyit dan ta'yin".
Sekarang ane jelasin atu-atu:
- Harus tabyit atau diinepin. Maksudnye masang niatnye sesudah masuk malam atau sesudah maghrib dan sebelom masuk Subuh. 
- Harus ta'yin. Maksudnye seperti yang dijelasin dalam "Nihayatuzzain":
 و أقل التعيين هنا أن ينوي: صوم غد عن رمضان 
"Sekurang-kurangnye ta'yin di sini adalah berniat untuk berpuasa besok di bulan Ramadhan."

Jadi kata bulan Ramadhan (رمضان) harus disebut dalam niat. Sebab kata Ramadhan ini yang bakal ngebedain antara puasa wajib di bulan Ramadhan dengan puasa wajib yang lain, seperti puasa kafarat, qadha, atau nazar.
Jadi minimal niat yang tertanam di hati:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ  عَنْ رَمْضَانَ
Nawaitu showma ghadin 'an Romdhona

"Sahjaku berpuasa Ramadhan besok."

Niat yang lebih lebih sempurna:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ (شَهْرِ)  رَمَضَانِ  هٰذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى
"Sahjaku menunaikan kewajiban berpuasa Ramadhan tahun ini besok kare Allah Ta'ala."

Y: Jadi niat nggak mesti diucapin, tapi sunnah diucapin. Dan niat di hati ga mesti lengkap ketanem. Artinye, asalkan unsur-unsur utamanye udah ketanem di hati ya udah sah niat kita?

W: Iya! Bener. Boleh jadi lisan kita ngucapin secara lengkap:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ  رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى
tapi yang ketanem di hati cuma
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ  عَنْ رَمْضَانَ
Nawaitu showma ghadin 'an Romdhona
"Sahjaku berpuasa Ramadhan besok."
 Sah sebagai niat. 

      Bahkan, meskipun niat di hati kita  dalam bahasa Indonesia atau bahasa ibu bukan bahasa Arab, nggak pape. Tetap sah niat kita. Yang penting unsur tabyit ama ta'yinnye ada.

Y: Jadi dalam berniat hati kita nggak boleh kelayaban, mikirin apaan aje gitu, ye? 

W: Iye dong. Kudu konsentrasi. Sebentaran doang. Tanamin ke diri sendiri niatan serius mau puasa besok. 
 
Y: Paham dah kalo begitu.

W: Beneran udah paham? Udah siang nih. Matahari udah nontot. Ane pengen bejemur dulu kayak bule. Ok?

Y: Iye, dah. Selamat bejemur kalo begitu. Hati-hati! Jangan kelamaan! Ntar garing!

W: Hehehe. Bisa aje ente. Emang rengginang! 

Y: See u!
By AJF

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN PERJALANAN ZIARAHI PARA KEKASIH (Bagian 1)

RATIB AL HADDAD LI QUTHBI AL IRSYAD WA AL BILAD ALHABIB ABDILLAH IBN ALAWI ALHADDAD

DOA TAHLIL