Postingan

SYAFAKALLAH, GALIH! SYAFAHULLAH, BINGI!

Gambar
Pagi yang cerah. Galih sedang jalan kaki keliling wilayah tempat tinggalnya. Sesampainya di depan pos hansip RT, ia berpapasan dengan Bingi, kawan karibnya. Galih : Bingi ! Kebetulan kita ketemu, nih. Barusan gue dapat kabar, istrinye Rojak sakit. Sekarang dirawat di RSUD Pasar Minggu. Bingi : Syafakallah . G:  Bing ! Lu denger nggak sih? Istrinye Rojak sakit. Sekarang dirawat di RSUD Pasar Minggu. B : Syafakallah G:  Ya, elah ! Lu bener-bener, ye. Yang sakit kan istrinye Rojak bukan gue. Kenape lu jawab syafakallah melulu? B : Bilang dong dari tadi .  (Bingi tersenyum ringan. Sedangkan Galih gregetan menahan emosi melihat tingkah Bingi yang sok santai ). G : Dari tadi gue juga udah ngomong. Yang sakit istrinye Rojak. Lu malah jawab, syafakallah. Syafakallah.  G : Jangan-jangan lu nggak paham nih cara make dhamir mustahil dalam bahasa Arab. Gue jelasin dikit biar lu paham ye. Huruf 'Ka' (كَ) di kalimat syafakallah (شفاكَ الله) itu kata ganti atau dhamir buat orang kedua laki-la

Cara Block Smash Syetan

Gambar
       Wawi sedang main pingpong dengan Yepi. Kelihatan seru. Tapi bukan karena permainan pingpong mereka yang hebat. Obrolan mereka yang seru. Segala macam hal diobrolin sembari main. Diantara obrolan mereka: Wawi : Yep! Orang kan sering nanya. Kenapa sih di bulan Ramadhan kita masih bisa melakukan maksiat. Padahal menurut hadits, syetan-syetan udah diiket (belenggu)? Yepi : Yaelah! Ente kenape malah nanya ke ane. Kan harusnya ane yang nanya. W : Sekali-sekali, Yep. Kali aje ente punya jawaban yang menarik. Y : Yang menarik nggak ada. Yang mental ada. Kayak service ente yang mental nggak jelas juntrungannye. (Sambil mencari bola yang mental lumayan jauh). W : Hehehe. Maapin dah, Yep. Baru empat kali service ane mental. Y : Maksudnye mau sepuluh kali?         Keduanya tertawa lepas. W : Ok. Buat nebus bola mental tadi nih ane kasih jawabannye. Y: Kheir. Kesalahan ente ane maapin.        Wawi mengangkat alisnya sambil nyengir. W : Begini. Dalam Tafsir Ash-Shawi, Syeikh Ahmad bin Muham

RATIB AL HADDAD LI QUTHBI AL IRSYAD WA AL BILAD ALHABIB ABDILLAH IBN ALAWI ALHADDAD

Gambar
بِسْمِ اللهِ الرَّحْـمٰنِ الرَّحِيمِ 🔘  اَلْحَـمْدُ للهِ رَبِّ الْع ٰ لَـمِينَ 🔘 اَلرَّحْـمٰنِ الرَّحِيمِ 🔘  ماَلِكِ يَـوْمِ الدِّيـنِ 🔘  إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْـتَعِينُ 🔘  اِهْدِنَا الصِّـرَاطَ الْمُسْـتَقِيمَ 🔘  صِـرَاطَ الَّذِيْـنَ أَنْـعَـمْتَ عَلَيْـهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُـوبِ عَلَـيْهِمْ وَلاَ الضَّــآلِّـينَ 🔘  ا ٰ مِينِ اَللهُ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِـنَةٌ وَّلاَ نَـوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّـمٰوٰتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْـفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِـإِذْنِـهٖ يَعْـلَـمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْـفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْـمِهٖ إِلَّا بِمَا شَآءَ وَسِعَ كُـرْسِـــيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالأَرْضَ وَ لاَ يَءُودُهٗ حِفْظُهُمَا وَهُوَ العَلِيُّ العَظِيمُ 🔘 اٰمَنَ الرُّسُولُ بِمَـآ أُنـْزِلَ إِلَيـْهِ مِنْ رَبِّـهٖ وَالْمُؤْمِنُـونَ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللهِ وَمَلٰآئِكَـتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُـلِهِ وَقَالُوا سَمِعْناَ وَأَطَعْناَ غُفْراَنَكَ رَبَّـنَا وَ إِلَيْكَ

Ratib Al-Aththas

Gambar
راتب العطاس للحبيب عمر بن عبد الرحمن العطاس RATIB AL-ATHTHAS SUSUNAN ALHABIB UMAR BIN ABDURRAHMAN AL-ATHTHAS اَلْفَاتِحَةَ اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَـيْهِ وَاٰلِهِ وَسَلَّمَ, اَلْفَاتِحَة اَعُوذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيـمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيـمِ (٣ x ) لَوْأَنْـزَلْـنَا هَذَا الْقُرْاٰنَ عَلَى جَبَلٍ لَـرَأَيْـتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ اللهِۗۗ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ۝ هُوَ اللّٰهُ الَّذِي لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ ۚ هُوَالرَّحْمٰنُ الرَّحِيـمُ۝ هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلاَمُ الْـمُؤْمِنُ الْـمُهَيْمِنُ الْعَزِيـزُ الْـجَبَّارُ اْلمُتَكَبِّرُۗۗ سُبْحَانَ اللهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ۝ هُوَ اللهُ الْـخَالِقُ الْبَارِئُ اْلمُصَوِّرُ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىۗۗ يُسَـبِـّحُ لَهُ مَافِى السَّمَوَاتِ وِالْأَرْضِۚۚ وَهُوَ الْعَزِيـزُ الْحَـكِيمُ۝ أَعُوذُبِاللهِ السَّمِيعِ اْلعَلِيـمِ مِنَ الشَّيْطَانِ

TAKBIR IED

Gambar
Sahur Hari Arafah baru rapi. Wawi buka hp karena ada pesan WA yang berulang. Wawi : Waalaikumussalam wr. wb . Ada apaan sih, Yepi? Pesan ente kenapa diulang bekali-kali? Kayak orang keder. Yepi : Biar ente tahu kalo pertanyaan ane kali ini penting. W : Yepi! Masalah takbiran kan maksud ente? Y : Iye. Takbiran kan emang sunnah hukumnye. Tapi urusan sunnah bisa bikin orang pada berkelahi, Bro. W : Kurang kerjaan. Masalah sunnah berkelahi. Tiba-tiba telepon berdering.  W : Yaelah! Pake nelpon. Y : Udah cepetan jawab. Sebentar lagi subuh. W : Ok, ok. Jadi begini. Soal takbiran di Hari Raya Idul Adhha. Kapan dimulainye dan kapan berakhirnye?  Kalo menurut Mazhab Maliki dimulai setelah Zhuhur di Hari Raya Idul Adhha atau 10 Dzulhijjah. Mereka berpatokan ke QS. Al-Baqarah ayat 200: فَاِذَا قَضَيْتُمْ مَّنَاسِكَـکُمْ فَا ذْکُرُوا اللّٰهَ "Apabila  kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka berzikirlah kepada Allah." Dalam mazhab Syafi'i ini awal sunnah takbiran bagi jamaah haji.

ZIKR AT TAUHID

Gambar
  ذِكْرُ التَّوْحِيْدِ : أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوْبِ لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللَّهِ    (3 x ) لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ    (5 x ) اَللَّهُ   (25 x ) لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَـمَّدٌ رَّسُوْلُ اللَّهِ   (3 x ) لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ    (1 x ) هُو    (5 x ) الفَاتِحَةَ إِلَى رُوحِ سَيِّدِنَا رَسُولِ اللهِ, مُحَـمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللهِ وَ اٰلِهِ وَ أَصْحَابِهِ وَ مَنْ وَالَاهُ, وَ جَمِيعِ أَوْلِيَاءِ اللهِ, وَ َأَصْفِيَاءِ اللهِ, خُصُوصًا سَادَاتِـنَا الْعَلَوِيِّـيـنَ, وَ أَوْلِيَاءِ الْكَوْنِ أَجْمَعِيْـنَ ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ مَشَاِيِخ الذِّكْـرِ وَ التَّـوْحِيدِ, السَّـيِدِ عُمَرِ بْنِ عِيْسَى بَارَكْوَهُ السَّمَرْقَـنْدِى, وَ سَـيِّدِنَا الْحَبِيْبِ عُمَرِ بْنِ َعَبْدِ الرَّحْمٰنِ الْعَطَّاس, وَ الشَّيْخِ عَلِـيِّ بْـنِ عَبْدِ اللهِ بَارَاس, وَ الْحَـبـِيْـبِ عِيْسَى بْنِ مُحَـمَّدٍ ن الْحَـبْشِى, وَ الْحَـبِيْبِ عَلِـيِّ بْنِ حَسَنِ الْعَطَّاس, وَ الْحَـبِـيْبِ عَلِـيِّ بْنِ حُسَـيْنِ الْعَطَّاس, وَ الشَّـيْخِ أَحْمَدَ بْ