Cara Block Smash Syetan


       Wawi sedang main pingpong dengan Yepi. Kelihatan seru. Tapi bukan karena permainan pingpong mereka yang hebat. Obrolan mereka yang seru. Segala macam hal diobrolin sembari main. Diantara obrolan mereka:

Wawi : Yep! Orang kan sering nanya. Kenapa sih di bulan Ramadhan kita masih bisa melakukan maksiat. Padahal menurut hadits, syetan-syetan udah diiket (belenggu)?

Yepi : Yaelah! Ente kenape malah nanya ke ane. Kan harusnya ane yang nanya.

W: Sekali-sekali, Yep. Kali aje ente punya jawaban yang menarik.

Y: Yang menarik nggak ada. Yang mental ada. Kayak service ente yang mental nggak jelas juntrungannye. (Sambil mencari bola yang mental lumayan jauh).

W: Hehehe. Maapin dah, Yep. Baru empat kali service ane mental.

Y: Maksudnye mau sepuluh kali? 

       Keduanya tertawa lepas.

W: Ok. Buat nebus bola mental tadi nih ane kasih jawabannye.

Y: Kheir. Kesalahan ente ane maapin.

       Wawi mengangkat alisnya sambil nyengir.

W: Begini. Dalam Tafsir Ash-Shawi, Syeikh Ahmad bin Muhammad As-Shawi ngejelasin tentang empat macam penggerak hati. Kalimatnye,

واعلم أن خواطر القلب أربعة: رحماني وملكي ونفسي، وشيطاني، فالرحماني ما يلزم طاعة بعينها، والملكي ما يلزم طاعة لا بعينها، والنفسي ما يلزم معصية بعينها، والشيطاني ما يلزم معصية لا بعينها فتمسك بهذا الميزان

Kudu dipahamin! Bahwasanye penggerak hati ada empat, yaitu rahmani, malaki, nafsi, dan syaithani.

Rahmani adalah penggerak hati untuk melakukan perbuatan baik yang berasal dari dalam diri kita.

Malaki adalah penggerak hati untuk melakukan perbuatan baik yang berasal dari luar diri kita. Kita biasa bilang bisikan malaikat.

Nafsi adalah penggerak hati untuk melakukan perbuatan maksiat yang berasal dari dalam  diri kita. Istilah yang biasa dipake; dorongan nafsu.

Syaithani adalah penggerak hati untuk melakukan perbuatan maksiat yang berasal dari luar diri kita. Yang ini kita sebut sebagai godaan syetan.

Paham, Yepi!?

Y: Wuih! Ane lagi mikir di-smash.

W: Ente kasih bola lob nanggung. Ya, ane sikat. Sekalian biar ngeresep ape yang ane jelasin tadi.

Y: Iye, iye. Berarti meskipun syetan udah diiket di bulan Ramadhan tapi manusia masih bisa berbuat maksiat karena ada nafsu dalam dirinye?

W: Cakep!

Y: Apaan yang cakep nih? (Yepi tertawa ringan karena kali ini Wawi yang gagal menangkis serangannya).

W: Sombong ente! Belajar pukulan drive dari siape ente? 

Y: Block, dong. Jangan pake slidespin.

 Wawi tersenyum lebar sambil memberikan acungan jempol.

W: Ane akuin.  Ente emang luar biasa. Cepat nangkep yang ane maksud dan cepat berkembang permainan ente. 

Y: Sekalian ane tambahin, boleh?

W: Boleh.

Y: Jadi bulan Ramadhan sebenarnye emang khusus buat latihan kite nekan hawa nafsu. Di bulan puasa syetan nggak bisa menggoda kita. Walhasil yang menggoda kita tinggal nafsu kita sendiri. Nah, kalo di bulan puasa kita berhasil dan terlatih nekan hawa nafsu maka di bulan lain lawan kita tinggal syetan doang. Di atas kertas kita udah pasti menang. Sebab dalam diri kita kan  ada dua penggerak kebaikan, Rahman dan Malak. Maka posisinye jadi dua lawan satu. 

W: Mantap! Ane demen dah. Itu die makanye Imam Ghazali dalam Bidayatul Hidayah ngajarin kita supaya perjuangan ngelawan nafsu itu dikerjain juga di malam Ramadhan. Mulai dari hidangan waktu buka puasa yang sederhana. Supaya nafsu kita betul-betul jinak. Jangan malah semua ada dan semua disantap. Maka buka puasa kayak ngerapel (dua hal dikerjakan dalam satu waktu) jadwal makan. Makan siang ama makan malam.

 و لا تستكثر فتزيد على ما تأكله كل ليلة فلا فرق إذا ستوفيت ما تعتاد أن تأكله دفعتين فى دفعة واحدة

Y: Bener juga. Menjelang buka puasa kita sering tergoda buat nyediain hidangan buka puasa yang serba ada. Akhirnya perjuangan ngejinakin hawa nafsu di siang hari jadi sia-sia. Kerjaan siang ama malam nggak sinkron. Bener begitu, kan?

W: Betul! Supaya nafsu kita lebih jinak maka kita juga perlu ngerjain puasa sunnah di luar Ramadhan kayak sekarang ini. Kata Imam Ghazali lagi:

فإذا عرفت معنى الصوم فاستكثر منه ما استطعت فإنه أساس العبادات و مفتاح القربات

"Kalo ente dah tahu arti puasa maka perbanyak ngerjain puasa semampu ente. Sebab puasa itu merupakan pokok ibadah dan kunci buat mendekatkan diri kepada Allah."

Y: Siap! Paham dah kalo begitu. Sekarang udahan dulu mainnye. Biar yang udah ane pahamin kagak buyar lagi.

W: (Tersenyum) Ok. Ane juga udah lelah. Cape ngikutin permainan ente yang makin yahud.

Y: Belum semuanye ane keluarin tuh.

W: Yaelah! Kayak kapuk ente. Ditiup dikit terbang melayang.

       Wawi dan Yepi tertawa bersama. 

       The end .

By AJF


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN PERJALANAN ZIARAHI PARA KEKASIH (Bagian 1)

RATIB AL HADDAD LI QUTHBI AL IRSYAD WA AL BILAD ALHABIB ABDILLAH IBN ALAWI ALHADDAD

DOA TAHLIL