ATURAN TENTANG KARTU MERAH DAN HIJAU UNTUK WANITA (BAGIAN 2)

(Sambungan dari Obrolan sebelumnya)

T. Bakso: Terus bagaimana kalo istri saya dapat haidh di waktu Zhuhur?

Wawi: Sekarang ke persoalan baru dapat haidh ya.

T. Bakso: Sebentar, Ustadz. Dinikmatin dulu baksonya. (Tukang bakso menyerahkan mangkuk bakso kepada Wawi dan Yepi).

Yepi: Terima kasih, Mas. Telat sedikit aje ngasih bakso udah kelenger saya. 

(Ketiga orang di pos itu tertawa)

T. Bakso: Udah lapar  ya Bang? Maaf ya Bang dan selamat menikmati.

Wawi: Matur nuwun, Mas. Sambilan nunggu agak dingin saya mau jelasin pertanyaan Mas tadi.

Haid itu datang dan perginye nggak bisa ditebak secara persis. Kalo soal perginye udah saya jelasin ya. Sekarang soal datangnye.

Kalo darah haid itu datang pada wanita yang berada dalam kondisi normal, baik dirinye maupun lingkungannye, maka kudu dilihat dua faktor ini:

- Kalo darah haidh datang setelah masuk waktu shalat. Misalnye: seorang wanita dapet haidh setelah azan Zhuhur. Maka diukur atau dikira-kira antara masuk waktu sampe darah haid datang apakah seukuran dengan panjang shalat fardhu? Kita biasanya kalo shalat itu sepanjang 3 sampe 5 menit. Jika darah haidh itu datang pada 5 menit setelah masuk waktu Zhuhur atau lebih, maka wanita itu harus  meng-qadha shalat Zhuhur tersebut setelah suci nanti.

Jika darah haidh itu datang kurang dari 5 menit setelah masuk waktu shalat maka wanita itu tidak diwajibkan meng-qadha shalat Zhuhur tersebut.

- Untuk wanita yang bermasalah pada kesehatannya, seperti selalu mengeluarkan darah istihadhah atau darah bukan haidh, buang air kecil terus atau beseran, atau keluar air madzi terus atau dalam kondisi harus bersuci dengan tayammum, maka ukuran waktu itu bertambah sekitar 3 menit menjadi 8 menit. Yaitu waktu yang dikira-kira sepanjang untuk bersuci (berwudhu atau bertayammum) dan shalat. Jika darah haidh itu datang 8 menit setelah masuk waktu shalat maka ia wajib meng-qadha shalat Zhuhur itu nanti setelah suci. Jika darah haidh datang kurang dari 8 menit setelah masuk waktu shalat maka ia tidak wajib meng-qadha shalat itu.

T. Bakso: Begitu aturan hukumnya ya, Pak Ustadz.

Wawi: Iya. Kalo mau keterangan lebih lanjut, Mas bisa baca di kitab At-Taqrirat Asy-Syadidah yang disusun oleh Habib Zein bin Smith.

T. Bakso: Terima kasih, pak Ustadz. Penjelasan Pak Ustadz udah cukup. Lagian saya juga nggak bisa baca kitab kuning.

Yepi: Si Mas ini suka berpura-pura.

T. Bakso: Beneran, Bang. Makanya saya berterima kasih banget. Tapi sayangnya, saya nggak bisa ngasih apa-apa nih. Baksonya aja saya gratisin. Boleh ya?

Wawi: Saya seneng kalo Mas bisa memahami penjelasan saya. Soal bakso tetap saya bayar. Soalnye kalo nggak saya bayar nanti kawan saya ini bakal minta ditraktirin mie ayam yang mahal dan lagi viral itu, Mas.

(Tukang bakso dan Wawi tertawa)

Yepi: Jangan percaya, Mas. Guru saya ini emang suka becanda. Bisa aje dah, Bang Wawi.

(Ketiganya tertawa lepas bersamaan dengan hujan yang sudah reda).


Jagakarsa, 7 Januari 2022

AJF

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN PERJALANAN ZIARAHI PARA KEKASIH (Bagian 1)

RATIB AL HADDAD LI QUTHBI AL IRSYAD WA AL BILAD ALHABIB ABDILLAH IBN ALAWI ALHADDAD

DOA TAHLIL