Aturan Tentang Kartu Merah dan Hijau untuk Wanita (Bag. 1)

       Hujan masih turun deras. Wawi dan Yepi belum bisa meninggalkan pos kamling tempat mereka berteduh. Sementara jam di Hp sudah menampilkan angka 21.00. Untung ada tukang bakso yang ikut berteduh di situ.

Wawi: Mas. Baksonye satu. 

T. Bakso: Alhamdulillah. Masih ada yang beli.

Yepi: Saya juga, Mas. Nggak usah pake mie.

T. Bakso: Alhamdulillah. Siap, Bang.

Wawi: Ente mau juga? Latah aje ente...hehehe.

Yepi: Dari tadi sebenernye udah mau mesen, Bang. Tapi nggak enak ama abang...hehehe. Masalahnye duit lagi cekak nih. Mau nraktir ga mungkin. Mau makan sendirian takut dikutuk banyak orang.

Wawi: Ah, lebay ente. 

(Yepi tertawa).

Wawi: Kalo begitu ane yang nraktir ente.

Yepi: Yaah, jangan begitu, Bang. Kebalik itu namanye. Masa ustadz nraktir murid? Saya bakalan dikutuk banyak orang juga nantinye.

Wawi: Emang ada yang tahu? Santai aje, Bro. Ane paham siape ente. Ente kalo lagi ada duit bares banget. Nggak ada salahnye kan kalo ane nraktir ente sekali-kali? 

Yepi: Nggak bisa jawab ane, Bang.

T. Bakso: Maaf. Saya denger tadi Bapak disebut ustadz. Bener Bapak ini ustadz?

Yepi: Iya, Mas. Ini guru saya. Penampilannye emang kayak begitu. Makanye nggak banyak yang tahu kalo die ustadz.

(Wawi menunjukkan ekspresi kurang suka).

T. Bakso: Kalo begitu, saya boleh nanya ya, Pak Ustadz.

Yepi: Boleh.

(Wawi menegur Yepi dengan tatapan matanya)

T. Bakso: Soal bakso jangan kuatir. Saya gratisin buat Pak Ustadz dan Abang juga.

Yepi: Waduh! Nyogok nih!

(Tukang bakso nyengir).

Wawi: Mas mau nanya, silakan. Tapi saya nggak janji bisa jawab. Makanye nggak usah ngegratisin saya. 

(Tukang bakso nyengir lagi).

T. Bakso: Begini, Pak Ustadz. Ini sebenarnya titipan pertanyaan dari istri saya. Pertanyaannya tentang datang bulan atau haidh. Nggak apa-apa ya saya nanya soal itu?

Yepi: Mas, udah langsung aje nanya. Dan tangannye tetep kerja sementara mulut ngomong. Udah laper nih saya!

(Tukang Bakso dan Wawi tertawa)

T. Bakso: Kata istri saya, perempuan itu kan susah untuk mengetahui waktu suci dari haidh secara persis. Nah, bagaimana dengan kewajiban shalatnya?

Yepi: Mas, ente lulusan pesantren ya? Bisa-bisanye nanyain soal begitu. Saya aje nggak pernah kepikiran.

(Tukang bakso cuma nyengir lagi sambil sibuk meracik dua mangkok bakso)

Wawi: Bener kata temen saya. Pertanyaan sampeyan termasuk pertanyaan yang langka. Untungnya Habib Utsman bin Aqil bin Yahya udah nulis di kitab tipisnye, Irsyadul Anam. Nanti di rumah bisa dibaca lagi. Kitab itu ditulis pake bahasa Melayu.

Beliau jelasin begini:

افبل دافة سوچي درفد حيض سكلفون بلوم چوكف سبڬيمان بياسڽ اتو دافة سوچي درفد نفاس سكلفون بلوم امفة فوله هاري مك واجب اتسڽ كدواڽ اية مندي لنتس سمبهيڠ جك ميسي ادا وقت سمبهيڠ دان افبل اية وقت تياد بوليه بوات مندي بسرت سمبهيڠ مك واجب قضا سمبهيڠ اية سكلفون د اخير وقت سقدر تكبيرة الاحرام لماڽ دان افبل دافة سوچي اية د أخر وقت عصر مك واجب قضاء عصر سما ظهر دان دمكين فول جك دافة سوچي د أخر وقت عشاء مك واجب قضاء عشاء سما مغرب دان جك ايا سوچي د أخر لأين فرض مك واجب قضاء اية فرض ساج ادفون فرمفون يڠ كداتڠن حيض اتو نفاس سسودهڽ ماسق وقت سمبهيڠ فرض سقدر مواة سبهيڠ فدحل بلوم ايا برسمبهيڠ مك واجب اتسڽ قضاء اية سمبهيڠ جوا اداڽ

Lebih jelasnye begini:

- Kalo seorang wanita ngedapetin dirinye udah suci dari haidh atau nifas maka die udah wajib shalat. Meskipun masa haidh atau nifas yang dilaluinye enggak seperti biasanye. Contoh: biasanye haidh 15 hari ternyata baru 10 hari udah suci maka saat itu ia udah wajib shalat.

- Kalo wanita itu dapetin suci dari haidh atau nifas di waktu Zhuhur maka die harus ngerjain shalat Zhuhur. Begitu juga di waktu Maghrib.

- Kalo die dapetin suci di akhir waktu Zhuhur dan nggak sempat shalat Zhuhur karena waktunye keburu habis maka die wajib mengqadha shalat Zhuhur lalu shalat Ashar

- Kalo wanita itu ngedapetin dirinye suci dari haidh atau nifas di waktu Ashar maka die wajib qadha shalat Zhuhur dilanjutin dengan shalat Ashar.

- Kalo wanita itu dapetin dirinye suci di akhir waktu Ashar atau menjelang maghrib dan nggak sempat shalat maka die wajib mengqadha shalat Zhuhur dan qadha shalat Ashar.  

- Begitu juga kalo wanita itu dapetin dirinye suci di waktu Isya maka die wajib qadha shalat maghrib dan mengerjakan shalat Isya. 

- Kalo wanita itu dapetin dirinya suci di akhir waktu Isya, maksudnye menjelang Subuh, dan nggak sempat mengerjakan shalat maka die wajib qadha shalat Maghrib dan qadha Isya.

T. Bakso: Kalo dapetin sucinya di waktu Subuh, bagaimana Pak Ustadz?

Wawi: Cukup shalat Shubuh. Nggak perlu qadha Isya.

T. Bakso: Beda ya dengan Isya dan Ashar?

Wawi: Ya. Karena Zhuhur dengan Ashar dan Maghrib dengan Isya kedua pasangan waktu ini disebut "tadarukul waqti" (تدارك الوقت) artinya waktu yang berkaitan. Kedua pasangan waktu ini yang boleh dijamak dalam keadaan tertentu, seperti dalam perjalanan, sakit, atau hujan. 

T. Bakso: Terus bagaimana kalo istri saya dapat haidh di waktu Zhuhur?

Wawi: Sekarang ke persoalan baru dapat haidh ya (bersambung)

Jagakarsa, 31 Desember 2021

AJF


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CATATAN PERJALANAN ZIARAHI PARA KEKASIH (Bagian 1)

RATIB AL HADDAD LI QUTHBI AL IRSYAD WA AL BILAD ALHABIB ABDILLAH IBN ALAWI ALHADDAD

DOA TAHLIL